Home Kejahatan Korporasi Daftar Anak-anak Korban Meninggal di Lubang Tambang Batu Bara Kaltim

Daftar Anak-anak Korban Meninggal di Lubang Tambang Batu Bara Kaltim

814
0
SHARE

Sejak Januari 2011 hingga Juni 2017, JATAM mencatat sudah 27 anak-anak yang tewas tenggelam di lubang tambang beracun batu bara Kalimantan Timur.

Dari seluruh korban meninggal itu, hanya ada satu kasus yang ditindaklanjuti Pemerintah Daerah kalimantan Timur, yakni kaus tewasnya korban atasnama Emaliya Raya Dinata (11 tahun) dan Dede Rahmad (11 tahun) di lubang tambang milik PT Panca Prima Mining. Ironisnya, proses penegakan hukum itu, hasil akhirnya hanya dikenakan denda administrasi Rp 1000 dan hukuman penjara dua bulan bagi Petugas Keamanan Perusahaan. Anehnya pihak perusahaan sendiri tidak ditindak, dan dibiarkan tetap beraktifitas hingga saat ini.

Lantas, bagaimana dengan perusahaan-perusahaan tambang lainnya yang lubang-lubang tambang beracunnya dibiarkan menganga, tanpa rehabilitasi?

Jawabannya tentu saja tidak ditindak, apalagi untuk diseret ke meja pengadilan. Di titik ini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Negara sungguh takluk di hadapan korporasi tambang. Sementara rakyat, korban dari keganasan perusahaan tambang, berikut ruang hidupnya dihancurkan, dibiarkan berjuang sendirian, tanpa ada perhatian dari pemerintah.

Untuk mengetahui profil perusahaan dan daftar nama-nama korban, silahkan unduh di sini

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here