Relawan JATAM

Learn More

Mari Bergabung !

Learn More

Siap melawan tambang? Ayo gabung!

Sebenarnya, setiap orang menjadi bagian dari upaya melawan tambang. Mengapa? Karena setiap orang mempunyai peranan yang menentukan dalam keberlanjutan bumi. Jadi, apakah kamu memilih untuk berkontribusi pada semakin maraknya pertambangan atau justru menjadi bagian dalam upaya melawan tambang?

Pernahkan terpikir dari mana barang-barang yang ada di rumah kita berasal? Semuanya berasal dari industri ekstraktif, terutama tambang. Listrik yang kita gunakan setiap hari berasal dari pembakaran batubara yang ditambang di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan, Sumatera Barat. Hp dan komputer/laptop yang kita gunakan mengandung mangan dan timah yang ditambang di Nusa Tenggata Timur dan Bangka Belitung, perhiasan emas, perak, dll dikeruk dari daratan Papua, Nusa Tenggara Barat .

Tanpa kita sadari, perilaku konsumtif kita secara tidak langsung telah mendukung perkembangan industri pertambangan. Mari membuat perubahan dengan menjadi bagian dari upaya perlawanan terhadap industri pertambangan.

JATAM membuka peluang bagi siapapun untuk bergabung menjadi relawan dan bersama-sama melawan pertambangan. JATAM tidak membatasi siapa saja yang akan menjadi relawan, terbuka untuk siapapun tanpa pandang gender, keterbatasan fisik, suku, ras dan agama, serta latar belakang profesi.

Untuk bergabung menjadi Relawan JATAM Download Formulir Relawan

Prinsip Relawan JATAM
Siapa Relawan JATAM ?
Persyaratan menjadi Relawan JATAM ?
Pembelajar untuk Relawan JATAM
Kegiatan Relawan