Emas Berdarah

Semakin banyak orang yang terus jatuh cinta dan dibuai kilau emas, akan semakin banyak darah menetes dan semakin banyak anak-anak memiliki masa depan suram.

 

Rumah Perlawanan JATAM 2014-2016

Salam Jatamers! Jaringan Advokasi Tambang adalah jaringan organisasi non pemerintah (ornop) dan organisasi komunitas yang memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah HAM, gender, lingkungan hidup, masyarakat adat dan isu-isu keadilan sosial dalam industri pertambangan dan migas.

 

Field Trip WONOGIRI

Pabrik Semen Mengancam Wonogiri PT. UMI adalah perusahaan gabungan yang dibentuk oleh PT. Sritex, salah satu perusahaan tekstil terbesar di asia tenggara yang berpusat di Sukoharjo, dengan menggandeng Ultratech Cement, perusahaan semen asal india.

 

DSLNG Menggusur Rakyat :

Dari Rente tanah ke Mitsubhisi[1] Studi Pembangunan Kilang LNG Donggi Senoro Kabupaten Banggai
Info Tematik
Pabrik Semen Mengancam Wonogiri PDF Print E-mail
Thursday, 25 July 2013 07:51

Penulis: Ki Bagus Hadikusuma (Manager Emergency Response JATAM) & Uteng Nanas (Manager Database GIS JATAM)

Sumber Tulisan hasil Field Trip lapangan dan LPH YAPHI (Lembaga Pengabdian Hukum Yekti Angudi Piyadeging Hukum Indonesia) Solo, serta Media Online.

Patok-patok merah yang menancap kuat itu menyebar mulai dari desa Sejati kecamatan Giriwoyo hingga pinggir pantai di kecamatan Paranggupito, tidak peduli di pinggir jalan, pekarangan rumah warga, atau bahkan dalam kandang sapi.  Tingginya sekitar 30 cm dari permukaan tanah dengan cat berwarna merah. Di atas patok berbahan semen itu terdapat tulisan huruf dan angka, BM 06, BM 07  dan seterusnya. Tak ada yang tahu apa arti kombinasi huruf dan angka itu.

Last Updated on Friday, 20 September 2013 04:06
 
Limbah Hari Kasih Sayang PDF Print E-mail
Written by anwar   
Tuesday, 19 February 2013 07:25

ANALISA EKONOMI POLITIK

SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa  haram merayakan hari kasih sayang, tiap 14 Februari. Peringatan ini dianggap bertentangan dengan ajaran Islam. Beberapa kelompok Islam kemudian mengeluarkan seruan boikot hingga aksi penolakan di bunderan HI. Sayang, tak ada yang baru dan mencerdaskan pada polemik haram dan halal itu, sebab mereka gagal menghubungkannya dengan kapital dan pasar.

Last Updated on Friday, 20 September 2013 03:54
 
DSLNG Menggusur Rakyat : PDF Print E-mail
Wednesday, 23 January 2013 05:36

Dari Rente tanah ke Mitsubhisi[1] Studi Pembangunan Kilang LNG Donggi Senoro Kabupaten Banggai

Andika[2]

Tapak Project DSLNG  
 
Posisi tapak project ladang gas Donggi Senoro LNG terletak di Batui dan Toili Kabupaten Banggai, Propinsi Sulawesi Tengah, sekitar 20 kilometer sebelah tenggara kota Luwuk. Kabupaten Banggai memiliki area dengan luas 3,160 kilometer persegi dengan total populasi mencapai 285,000 jiwa.
 
Saat ini, komposisi kependudukan Batui dan sebagai kawasan tapak projek Donggi Senoro LNG telah mengalami banyak perubahan tidak lagi monokultur, cukup majemuk. Keberagaman etnisitas itu, bersumber dari macam- macam proses “pembauran”.
Last Updated on Friday, 20 September 2013 04:04
 
FESTIVAL “WAI HUMBA” PDF Print E-mail
Wednesday, 17 October 2012 04:11

(FESTIVAL TIGA GUNUNG; WANGGAMETI,TANADARU, YAWILLA)

Festival Wai Humba merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Peduli Martabat Tanah Sumba (KPMTS), Solidaritas Petani Wanggameti-Tanadaru Sumba, BRANTAS (Barisan Rakyat Anti Tambang di Sumba), JATAM

SEKILAS FESTIVAL “WAI HUMBA”

Festival Wai Humba merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas kampung “Wai Humba”. Festival ini merupakan suatu bentuk reproduksi kreatif dari kebiasaan orang Sumba yakni Kalarat Wai. Kalarat Wai merupakan aktivitas religius dengan bentuk melakukan persembahyangan di sumber-sumber air yang ada di Pulau Sumba. Persembahyangan tersebut sebagai wujud ucapan syukur kepada pencipta atas berkat air yang melimpah. Selain itu juga untuk memohon kepada Pencipta agar senantiasa memberikan karunia air bagi penduduk Sumba.

Last Updated on Friday, 20 September 2013 03:56
 
Beras PDF Print E-mail
Wednesday, 17 October 2012 03:02


Memperingati Hari Pangan Se-Dunia

Tambang Batubara "menghajar" kawasan pertanian Makroman di Samarinda, Kaltim

Sumber Photo: JATAM Kaltim

Apa relevansinya kita membicarakan beras. Apalagi di Kalimantan Timur yang punya tanah  seluas 19 juta hektar untuk ditanami. Hampir satu setengah kali luas pulau jawa. Namun usut punya usut menurut data badan ketahanan pangan kaltim, untuk salah satu komoditas pangan yang satu ini pun kita masih mengimpor dari pulau lain. Sejak 2008, kemampuan produksi beras Kaltim hanya mencapai 570 ribu ton, sisanya - 20 ribu ton didatangkan dari Sulawesi dan Jawa Timur.

Last Updated on Friday, 20 September 2013 03:57
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 Next > End >>

Page 1 of 4